Membagikan Infromasi Yang Menambah Wawasan & Menarik

Rabu, 22 Oktober 2014

Posted by Unknown on 06.16 in | No comments

Penelitian yang dilakukan Lima mahasiswa kedokteran dan farmasi Universitas di Yogyakarta membuat terobosan dengan menjadikan kaktus sebagai obat untuk menyembuhkan luka. Kaktus yang digunakan adalah kaktus centong.

Hasil penelitian mereka mengungkapkan, kaktus memiliki banyak kandungan yang bermanfaat buat regenerasi sel kulit. Seperti kandungan flavonoid, vitamen C, vitamin E dan kadar pektin tinggi.

Kaktus centong yang memiliki nama latin Opuntia Littoralis ini merupakan jenis kaktus yang biasa tumbuh di daerah panas seperti gurun. kaktus ini juga sering dijumpai digunakan untuk tanaman hias di rumah-rumah.

Kadar vitamin C di Kaktus Centong lebih tinggi tiga kali dari buah jeruk. Sementara kadar vitamin E Kaktus Centong setara dengan sayur brokoli.

Zat - zat inilah yang bisa mempercepat penyembuhan luka. Dengan menggunakan manfaat yang ada pada Kaktus Centong tsb para peneliti muda ini (mahasiswa)  mengekstrak Kaktus Centong untuk dijadikan sebagai obat untuk penyembuh luka.

“Dengan aplikasi gel ekstrak kaktus, sel di jaringan yang luka, bisa tumbuh subur dalam jumlah banyak untuk regenerasi kulit,” kata seorang mahasiswa, Ditya Devale.

“Penelitian ini masih memerlukan berbagai penelitian lanjutan agar dapat digunakan pada manusia. Harapannya, ke depan gel ini tidak hanya sebagai penyembuh luka tetapi juga bisa dipakai untuk kosmetika,” tuturnya.

baca juga antikel menariknya klik disini 

0 komentar:

Posting Komentar

Search Our Site

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter